Aeromodelling

Salam buat smua

Di post ini saya ingin membahas tentang hobby yg berhubungan dengan aerodinamika, khususnya hobby aeromodelling. saat ini memang hobby aeromodelling sudah cukup banyak digemari, baik dari kalangan anak2, remaja, bahkan orang tua. akan tetapi sbagian besar dari pehobby aeromodelling tersebut kbanyakan dari kalangan yg ekonominya menegah keatas.

Nah.. yg menjadi pertanya'an,
"Apakah benar aeromodelling itu mahal, sehingga pehobbynya cuma orang2 dari kalangan menengah ke atas"
Jawabannya: "tidak juga"
Karena sebenarnya aeromodelling itu tidak sebatas "bermain pesawat remote control" akan tetapi banyak sekali jenis dari hobby aeromodelling tersebut. hanya saja kebanyakan orang awam memandangnya sebagai hobby yang membutuhkan banyak uang, dikarenakan harga barang2 aeromodelling yg cukup tinggi. hal tersebut tidak sepenuhnya benar kalau kita tau apa sebenarnya aeromodelling itu.

Aeromodelling terbagi dalam bermacam kategori, mulai dari kategori pendidikan, prestasi, olah raga, hobby, usaha, dan masih banyak lagi yg tidak bisa saya sebutkan smuanya.
Contoh kita bahas pendidikan. pedidikan aeromodelling saat ini sudah banyak di indonesia, mulai dari tingkat sekolah, perguruan tinggi, maupun swasta. di kategori pendidikan tersebut dari pengalaman saya, Aeromodelling adalah: Merancang, Membuat, dan Menerbangkan stidaknya itu yang di ajarkan oleh mentor saya.

Kita bisa mulai dari aeromodelling jenis "free flight"(terbang bebas) nah.. yg dimaksud dengan kategori "free flight" adalah psawat yg dalam menerbangkannya sama sekali tidak menggunakan alat kendali(remote). sbagai contoh adalah Chuck glider dan Glider tarik, yg dilempar atau ditarik waktu menerbangkanya. kitapun tidak perlu keluar uang banyak untuk bisa membuat dan memainkannya.
adapun contohnya sperti berikut:

Chuck glider
Pesawat model yang terbuat dari bahan kayu.
jenis kayu yang digunakan untuk membuat pesawat model ini adalah kayu BALSA cara menerbangkannya dengan dilempar










Glider F1H
pesawat model yang terbuat dari bahan kayu dan kerta telo/tissue jepang sbagai covernya, cara menerbangkannya dengan cara ditarik(seperti kita maen layang-layang) lalu pada ktinggian tertentu tali penarik di lepas dengan cara di hentak'kan





Pesawat model diatas justru banyak di jumpai pada kategori prestasi. karena termasuk dalam kategori olah raga dan di akui oleh FAI sbagai jenis olah raga aeromodeling dan juga masuk dalam agenda agenda olah raga daerah maupun tingkat propinsi bahkan agenda PON

spertinya itu dulu yg dapat saya uraikan dalam post kali ini. walaupun sbenarnya masih banyak jenis dan kategori dari aeromodelling yg menarik untuk di bahas. mungkin dalam artikel berikutnya saya akan membahas jenis-jenis lain dari aeromodelling yang tentunya sangat menarik untuk di uraikan

terima kasih